http://winest-wirmayani.blogspot.com/2013/04/budaya-galau-mahasiswa-vs-tipologi-dosen.html

Sabtu, 26 Maret 2016

Ketika Hidup Memberimu Ratusan Alasan untuk Menangis, Tunjukkan Bahwa Kamu Punya Ribuan Alasan untuk Tersenyum



Sore itu Palu diguyur hujan.  Tumben. Sejauh ini Palu cerah terus.  Hujan yang sebagian anak muda mengidentikkannya dengan keromantisan, agaknya berbeda denganku. Dulu, aku memang bersahabat dengan hujan, tapi semunya berubah ketika negara api menyerang. Oops.. Pria bersajaha yang sangat peduli denganku belakangan ini melarang agar aku tak terlalu dekat dengan hujan. Ia berpotensi membuatku demam yang tentu saja menggelisahkan pria kesayanganku itu. Siapakah dia? Ya, siapa lagi kalau bukan Si Bapak.

Oh iya, waktu itu aku lagi apes-apesnya. Sudah terserang demam, tidak ada orang di rumah, persediaan snack habis, kotak obat tidak tahu disimpan dimana, pulsa amblas dan modem rusak. “Hmm.. kelar hidup gue” gumamku dalam hati. Mau tidak mau, dengan menggunakan mantel ekstra tebal, masker, kaos kaki, celana panjang yang disusun dua lapis, aku meraih payung pelangi yang berdiameter cukup lebar dan pergi ke kios depan rumah untuk membeli sejumlah kebutuhan. Seandainya ada pulsa, aku mungkin bisa meminta pertolongan kepada sahabat ataupun tetanggaku. Tapi apalah dayaku, mereka semua seolah kompak tak berfungsi pada saat-saat kritis seperti saat itu.
Sesampainya di kios, aku membeli minuman cokelat serbuk yang akan kuseduh dan mungkin bisa membuat tubuhku berkeringat. Tak lupa juga aku membeli obat demam, pulsa, beserta snack seadanya. Beginilah kalau jauh dari orang tua dan tak ada siapa-siapa di rumah. Ngenes. Mungkin ini semua yang dikhwatirkan oleh Ibuku sehingga ia tak pernah merestuiku untuk pergi bekerja atau kuliah di luar kota.

Aku meraih kembali payungku yang semula kuletakkan di beranda kios. Aku berjalan tertatih-tatih melawan pergolakan dalam tubuhku. Kemudian perhatianku tertuju pada empat orang anak berpakaian serba panjang. Tiga perempuan dan satu laki-laki. Mereka kehujanan sepulang dari mengaji. Mungkin karena efek demam dan juga rintik hujan yang deras, suaraku jadi tak terlalu keras sehingga mereka tak mendengar panggilanku. Sambil mempercepat langkahku, aku mengulang memanggilnya hingga akhirnya mereka mendengar suaraku. Aku menginstruksikan mereka berempat agar berlindung di payungku. Mereka mengiyakan, walau kami belum saling mengenal. Aku menuntunnya ke tempat tinggalku dan berteduh disana, sebab kondisiku tak memungkinkan untuk mengantar mereka satu per satu ke rumahnya. Setidaknya, mereka bisa berteduh dan tidak kehujanan di jalan. Aku tahu benar, bagaimana paniknya orang tuaku jika anaknya sakit. Begitu juga aku jika dalam keadaaan sakit, betapa tidak mengenakkannya, seperti demamku saat itu.

Beruntung tadi aku membeli sejumlah minuman coklat serbuk, jadi cukup juga untuk mereka. Aku menghampirinya di teras yang sebelumnya telah aku instruksikan untuk beristirahat disana. Sambil menyerahkan empat cangkir Milo hangat dan sejumlah makanan ringan untuk mereka, aku menanyakan apakah mereka punya nomor telepon orang tua yang bisa aku hubungi. Dua dari mereka hafal nomor telepon orang tuanya, sedangkan yang dua lainnya menyatakan tidak tahu, akan tetapi orang tua mereka saling mengenal. Lalu aku hubungi kedua orang tua mereka jika anak mereka ada bersamaku. Tak lupa aku beritahukan alamatku yang letaknya juga tak begitu jauh dari kediaman mereka. Orang tuanya menanyakan identitasku. Aku bisa menangkap kewaspadaannya. Belakangan ini memang sering tersiar kabar banyak terjadi kekerasan terhadap anak. Wajar jika mereka berhati-hati kepada orang yang belum dikenalnya. Setelah aku beritahu identitasku, mereka berterima kasih kepadaku dan mengatakan akan segera menjemput anak mereka.

Aku berbincang-bincang kepada mereka. Kami mengenalkan diri satu per satu. Mereka duduk di bangku kelas empat dan lima Sekolah Dasar. Tak jarang juga terdengar canda tawa diantara kami. Aku berusaha tampak sesehat dan seceria mungkin agar mereka merasa berkawan dan merasa diperhatikan. Aku melihat diriku sewaktu kecil dari mata mereka. Ya Tuhan, beginilah aku sewaktu kecil. Suka main hujan-hujanan, bermain hingga lupa waktu, menarik ingus tanpa rasa jaim. Betapa ringan dan polosnya jadi anak-anak. Aku tersenyum lebar kepada mereka. Aku juga ingat ketika terjebak hujan sepulang dari les saat SD. Saat itu aku lapar, sedangkan rumah masih jauh dan malu singgah berteduh di rumah orang yang tak dikenal. Lalu, apa bedanya aku dengan mereka? Mungkin mereka merasakan hal yang sama. Sepulang mengaji, pastilah mereka lapar.

Aku berpamitan ke dapur dan meninggalkan mereka berempat di teras. Tak butuh waktu lama buatku untuk membuat nasi goreng sederhana yang hanya berlaukkan telur dadar, potongan sosis serta taburan bawang goreng dan pilus di atasnya. Sebenarnya aku suka selera pedas. Selain itu, sensasi pedas juga bisa membuatku cukup berkeringat bila dalam kondisi demam begini. Akan tetapi mengingat anak-anak itu, aku urungkan niatku dan hanya membuat nasi goreng biasa, tanpa cabai. Aku pun kembali menemui mereka dengan sajian nasi goreng buatanku. Aku mempersilahkan mereka mengambil sendiri makanannya dan tak lupa mengingatkan mereka untuk berdoa sebelum makan. Ternyata dugaanku benar. Mereka lapar, sama sepertiku saat pulang les waktu SD. Mereka dengan lahapnya menyantap nasi goreng sederhana itu dan menambahkannya kembali setelah nasi di piringnya habis. Dalam hati aku merasa sangat bahagia melihat mereka makan begitu lahap. Berebut telur, salah mengambil gelas temannya, saling icip-icip nasi di piring temannya padahal rasanya sama, lomba cepat-cepatan makan and just like that. Ya Tuhan, aku seperti bercermin.

Hingga kami selesai makan, orang tua mereka belum juga menjemputnya. Memang saat itu hari masih hujan. Apa sebegitu yakinnya mereka dengan orang yang belum dikenalnya ini hingga mereka mengulur waktu sedemikian lama untuk menjemput buah hatinya? Sambil menunggu jemputan, kami berbincang-bincang kembali. Tentang sekolah, tempat mengaji, superhero, hingga seputar princess. Tak semuanya kumengerti akan hal yang mereka ceritakan. Terkadang aku hanya ikut-ikutan tertawa walau tak mengerti dimana letak lucunya. Dalam keheningan, salah seorang dari mereka melontarkan tanya kepadaku “kenapa kakak baik sama kita?”. Lalu disambung oleh seorang lainnya: “iyo, kan kak Irma beda agama dengan kita. Kita Islam dan kak Irma Hindu”.

Ya Tuhan, anak-anak adalah fase makhlukMu yang paling polos. Aku tersenyum kepada mereka dan menjelaskan jika kita harus berbuat baik kepada siapa saja. Aku katakan, berbuat baik adalah suatu kewajiban, walaupun tidak saling mengenal. “Kak Irma baik sama kalian karena kita semua bersaudara. Walau beda agama tapi kita sama-sama tinggal di Indonesia. Kita gak boleh pelit. Kita wajib saling tolong menolong. Kak Irma yakin kalian juga anak-anak yang baik. Nah, Kak Irma gak mau anak-anak baik seperti kalian sakit karena hujan-hujanan. Kalian juga sering-sering berbuat baik ya. Berbuat baik itu seru kok” aku mencoba memberi penjelasan kepada mereka.

Sekitar belasan menit setelah itu, satu dari orang tua mereka datang dan disusul oleh orang tua yang satunya. Aku menyambut mereka dengan baik. Mereka berterima kasih kepadaku telah menjaga anak-anaknya. Mereka juga tambah berterima kasih setelah anak-anak itu sambung-menyambung bercerita kepada orang tua mereka jika aku telah menjamu mereka dengan secangkir Milo hangat dan sepiring nasi goreng. Aku hanya tersenyum simpul kepada mereka dan seraya menyambut uluran tangannya ketika mereka hendak bergegas pulang. Sakitku terasa sedikit berkurang setelah bertemu dengan anak-anak itu.

Berselang beberapa hari setelah kejadian, ketika aku pulang ke rumah usai beraktivitas, salah seorang di rumah lalu menyerahkan sebatang coklat pasta kepadaku. “Ini e ada Choki-Choki untuk kau”. Aku langsung menyambar cokelat mini itu lalu tersenyum mengejek dan berkata: “Hah, cuma satu? Pelit amat lu” celetukku. “Eh bukan dari saya itu. Tadi ada anak-anak bajilbab yang datang antar, dibilang untuk Kak Irma. Apamu diakah?” Aku menepuk jidat. Ya ampun, pasti itu salah satu dari anak-anak yang berteduh saat hujan lalu. Aku ingin berterima kasih kepada anak itu. Ternyata sekecil apapun kebaikan kita, akan diingat oleh orang, terutama anak-anak yang sarat akan kepolosannya. Terima kasih telah mempertemukanku dengan anak-anak itu, Tuhan. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

x_3badcda6