http://winest-wirmayani.blogspot.com/2013/04/budaya-galau-mahasiswa-vs-tipologi-dosen.html

Jumat, 25 Januari 2013

Belajar itu Penting, Liburan juga Perlu


Angin berhembus sepoi-sepoi, mengiringi perjalanan kami menuju wisata pantai impian di desa yang penuh dengan kesejukan. Alam begitu memanjakan kami. Menjelang middle test semester, tak heran lagi jika setumpuk tugas dadakan mendera rutinitas mahasiswa. Sibuk sana, sibuk sini, urus ini, urus itu, tak terasa hari mulai gelap, bahkan subuhpun tak menjadi pengecualian untuk menuntaskan segala penugasan yang diberikan oleh dosen. Tapi itulah mahasiswa, tugas sudah menjadi kewajiban sekaligus haknya. Hari-hari yang terkesan rumit dan melelahkan itu biasanya berlangsung selama sebulan, sebelum final test atau midtest dilaksanakan.
Waktu seminggu itu itu biasanya dimanfatkan oleh mahasiswa untuk melakukan penyegaran alias refreshing. Ya, seperti itulah. Begitupun saya. Beberapa bulan kemarin menyempatkan diri sejenak mengunjungi kampung halaman yang berlokasi di Desa Budi Mukti, Kecamatan Damsol, masih masuk dalam kawasan Sulawesi Tengah. Bertemu dengan keluarga tercinta merupakan kebahagiaan yang teramat sangat, merasakan keteduhan kasih sayangnya yang tak pernah saya dapatkan dari manapun, kecuali mereka.
Next, alam di desaku begitu mempesona. Hamparan sawahnya, hutan, danau hingga keadaan pantainya begitu asri dan masih alami. Alam sangat memanjakan indra penglihatanku, mensyukuri karunia Tuhan yang memberiku sepasang bola mata.
Tak jauh dari desaku, terdapat sebuah danau lengkap dengan dermaganya. Danau itu terletak di Desa Talaga. Disana terdapat beraneka spesies ikan air payau yang menaungi danau itu. Akupun selalu membawa joran untuk mengail beberapa ikan yang mungkin masuk dalam umpanku. Memang ikannya yang tidak pernah kelaparan atau aku yang tidak berbakat dalam dunia permancingan, tak seekor ikanpun kuperoleh. Sial. Tapi tak apalah, kan baru sejam. Siapa tahu satu jam kedepannya kailanku memenuhi ember kecilku (ngarep.com). Ternyata prediksiku sangat salah, ikan-ikan yang begitu banyak tak satupun yang berminat mencicipi umpanku. Ya, sudahlah. Akupun pergi dengan senyuman indah yang dipaksakan dan sesekali menatap kearah danau itu.
Biarpun tak mendapatkan ikan, setidaknya liburan ini bisa memberikan penyegaran dari aktivitas keseharian yang lumayan menjenuhkan. Dan mid semesterpun sudah di depan mata. Saatnya menjalankan kembali rutinitas kampus untuk mengejar cita, menggapai mimpi, kelak beberapa waktu kedepan bisa menjadi sosok kebanggaan Bangsa Indonesia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

x_3badcda6