http://winest-wirmayani.blogspot.com/2013/04/budaya-galau-mahasiswa-vs-tipologi-dosen.html

Senin, 24 Oktober 2011

Teknologi Komunikasi

Gelombang Peradaban Manusia, Kita Berada Dimana?

Alvin Toffler mengelompokan ada tiga gelombang peradaban manusia yang terdiri dari:
a) Era Pertanian
Gelombang pertama (800 SM-1500 M) adalah gelombang pembaruan dimana manusia menemukan dan menerapkan teknologi pertanian yaitu manusia berubah dari kebiasaan berpindah-pindah yang menetap disatu tempat. Ciri masa ini adalah penggunaan “baterai alamiah” yang dapat menyimpan energi yang dapat diperbaharui dalam otot-otot binatang, hutan, air terjun, angin atau langsung dan matahari, banyak sekali menggunakan kincir air dan kincir angin.
b) Era Industri
Gelombang Kedua adalah masyarakat industri, yang sangat efisien dan cenderung memberi kesan sebagai "manusia-ekonomi" yang rakus, yang baru dilahirkan oleh renaissance (pencerahan) di Eropa. Pada masa ini terjadi dan berkembang revolusi industry. Ciri-ciri pada gelombang ini yaitu: Budaya Iptek tumbuh dengan pesat, terjadi urbanisasi dan pembangunan kota besar, penggunaan energi yang tidak dapat diperbaharui dan polusi yang menyebabkan kerusakan lingkungan hidup.
c) Era Informasi/Komunikasi
Gelombang ketiga adalah masyarakat jaringan, yaitu sebagian besar aktivitas masyarakat menggunakan atau memanfaatkan jaringan untuk menghemat sumber daya. Ciri-ciri pada gelombang ini yaitu: kelangkaan bahan bakar fosil ; kembali ke energi yang dapat diperbaharui, proses produksi yang cenderung menjadi produksi massa yang terkonsentrasi, terjadinya deurbanisasi dan globalisasi karena kemajuan teknologi komunikasi dan informasi.

Berdasarkan klasifikasi diatas, saat ini kita berada pada gelombang peradaban ketiga yaitu masyarakat informasi sebagaimana dapat dilihat dari ciri-ciri yang telah disebutkan diatas, salah satunya adalah kelangkaan bahan bakar fosil. Hal ini bukan isapan jempol belaka, banyak fakta yang mendukungnya. Contoh kecil seperti yang terjadi di Kota Palu beberapa hari yang lalu saat mengalami kelangkaan minyak tanah. Beberapa bulan lalu di Kota Palu juga mengalami kelangkaan BBM yang menyebabkan banyak kendaraan yang antri sampai puluhan meter disekitar area SPBU. Akibatnya akses transportasi dalam kota menjadi terganggu.

Tak hanya itu, pada gelombang peradaban ketiga dunia dihadapkan oleh media informasi dan komunikasi yang sangat canggih, dimana media ini merupakan perpaduan dari media berbasis audio, visual, dan audio visual yang dikemas menjadi satu kesatuan. Media ini bernama Internet. Sekedar mengulas kembali, Internet merupakan kumpulan beberapa komputer yang saling berhubungan pada suatu jaringan. Di Negara-negara maju seperti Amerika Serikat, Jepang, China dan lainnya, penggunaan internet benar-benar telah diterapkan dalam segala bidang, baik itu dari aspek aktivitas masyarakatnya ataupun kenegaraan. Sebagian besar aktivitasnya melibatkan kinerja jaringan.

Tak hanya di Negara-negara maju, di Indonesia yang merupakan negara berkembang sudah banyak aktivitas yang dalam pengerjaannya memanfaatkan Internet. Sebagai contoh: pembelajaran online, eGovernment, dan aktivitas-aktivitas komersial. Berikut adalah ulasan singkat mengenai aktivitas-aktivitas berbasis jaringan di Indonesia:

a) eLearning
eLearning adalah program pembelajaran online. Dengan program ini, baik dari tenaga pengajar, siswa atau mahasiswa, dapat mengefisienkan waktunya, karena tidak harus mengunjungi suatu tempat khusus (sekolah) untuk tempat belajar. Dengan adanya internet, setiap orang berpeluang untuk melaksanakan aktivitas belajar dimanapun ia berada dengan catatan terkoneksi dengan internet. Seperti halnya tugas Teknologi Komunikasi ini. Contoh situs pembelajan online yaitu www.ilmukomputer.com 

b) eGovernment
eGovernment adalah pemerintahan yang berbasis online. Disebut demikian karena mekanisme pemerintahan dilakukan secara online, sehingga masyarakat dapat mengaksesnya dengan mudah tanpa harus membayar mahal akomodasi dan transportasi yang dapat membebankan masyarakat. Contohnya seperti: pendaftaran online SNMPTN, pembayaran listrik online atau program eKTP yang sedang dicanangkan. Contoh situs eGovernment yaitu www.pajak.go.id 

c) Aktivitas Komersial Online
Aktivitas komersial memiliki skala besar, seperti perusahaan-perusahaan, situs jejaring sosial, entertainment dan lainnya. Banyak keuntungan yang dapat diperoleh oleh instansi terkait seperti melakukan sosialisasi untuk memperkenalkan suatu produk atau program berbasis online tanpa harus mengeluarkan biaya yang banyak untuk melakukannya. Bagi khalayak, manfaat yang bisa diperoleh yakni dapat mengakses dengan cepat dan murah terhadap suatu item yang tersedia, contohnya belanja online. 

Kesimpulannya, bahwa di gelombang peradaban ketiga ini yang sangat ditekankan adalah cara berpikir manusia, bagaimana memanfaatkan teknologi demi menghemat sumber daya. Walaupun saat ini dunia berada di era informasi/komunikasi, tak dapat dipungkiri bahwa masih terdapat kepingan-kepingan era pertanian dan industri dalam masyarakat, akan tetapi saat ini masyarakat dunia dominan telah mengetahui dan menggunakan kecanggihan teknologi informasi dan komunikasi. oleh sebab itu, saat ini di nyatakan sebagai era informasi/komunikasi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

x_3badcda6