http://winest-wirmayani.blogspot.com/2013/04/budaya-galau-mahasiswa-vs-tipologi-dosen.html

Rabu, 26 Oktober 2011

Hasil Wawancara Bersama Fadil Muhammad

Fadil Muhammad adalah seorang wartawan sekaligus penyiar senior di Lembaga Penyiaran Publik (LPP) TVRI Sulteng. Tak heran apabila beliau sering tampil di layar kaca TVRI Sulteng. Berikut adalah hasil wawancara bersama beliau terkait jurnalisme.

Fadil Muhammad
Bapak, ceritakan sedikit mengenai diri Bapak dan kegiatan Bapak sebagai wartawan?
"Saya lahir pada tanggal 1 November 1967. Awalnya saya berprofesi sebagai penyiar di radio Swasta, mulai di Sidrap Sulawesi Selatan, Jakarta, Kendari dan di Palu. Setelah itu profesi tetap sebagai penyiar dan direkrut oleh LPP TVRI Sulteng pada tahun 2002 sampai saat ini. Kegiatan sekarang, selain sebagai penyiar, presenter dan host, saya juga sering melakukan peliputan berita, pembuat produksi paket siaran lokal dan nasional di TVRI."

Dimana Bapak pertama kali terlibat sebagai wartawan, dan sekarang bekerja untuk media apa?
"Sejak saya di TVRI, mulai tahun 2002 sampai sekarang. Untuk media, ya media elektronik. Kan televisi…"

Mengapa Bapak tertarik menjadi wartawan?
“Karena wartawan adalah suatu profesi yang membanggakan, sebab turut serta memberikan atau  menambah wawasan informasi bagi masyarakat luas dan tidak semua orang memiliki talenta sebagai wartawan."

Apa tips untuk menjadi seorang wartawan sukses?
“Pertama harus memiliki wawasan luas, etika moral yang baik, memberikan informasi yang sebenarnya (fakta dan nyata), tidak menganggap diri paling hebat, karena ini adalah kerja tim dan terakhir yaitu belajar dan terus belajar”.

Siapa wartawan yang Bapak kagumi selama ini, mengapa?
“Wartawan yang saya kagumi adalah wartawan yang professional dan rendah diri. Kalau menunjuk personal, tidak ada.”

Apa yang Bapak lakukan saat ini untuk mengembangkan karir jurnalistik Bapak?
“Mengikuti pelatihan-pelatihan jurnalistik, baik yang dilakukan di Sulawesi Tengah maupun di luar Sulteng yang dilaksanakan oleh TVRI. Misalnya mengikuti penyamaan penulisan naskah berita, pelatihan produser berita, pelatihan jurnalisme perang, dan sebagainya.”

Dimana Bapak bisa dihubungi? Apakah Bapak aktif di jejaring sosial?
“Saya bisa dihubungi melalui telepon (ponsel), Facebook dan di kantor tempat saya bekerja (TVRI). Atau lihat kontak alamat saya dibawah ini."

Alamat        :   Perdos Untad, Blok A3 No. 21 Tondo
Mobile        :   0811454804
Email           :   fadelmuhammad33@yahoo.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

x_3badcda6